Kamis, 31 Mei 2012

37 Lokasi Megalith, 56 Lokasi Air Terjun di Lahat

Mario (41) photografer dari Kota Seganti Setungguan hendak memamerkan hasil karyanya berupa Air Terjun dan situs megalith yang berada di Kabupaten Lahat pada bulan Oktober 2012 bersamaan dengan grand opening Hotel Grand Zuri dan Sriwijaya Expo 2012.

Menurut Mario ada sekitar 22 lokasi Air Terjun yang sudah didokumentasikan dari 56 lokasi air terjun yang terdata akan ikut menghiasi Sriwijaya Expo yang akan diselenggarakan di Lahat.

Sementara untuk situs megalit ada di 37 desa dalam 11 kecamatan. Kecamatan yang paling banyak memiliki situs megalith di kecamatan Gumay Ulu, Pajar Bulan dan Jarai. Kecamatan Pajar Bulan dan Jarai memiliki terbanyak situs, ada 365 situs yang sudah terdata, tapi masih banyak yang belum terdata di perkirakan lebih dari 400 situs.


Badan Arkeologi Palembang (Balar) ada 16 lokasi megalit di Lahat, hal ini dikeluarkan tahun 2011. Tetapi menurut mario sebetulnya ada sekitar 37 lokasi.
"Ternyata data yang dimiliki Balar Palembang masih belum komplit," ujar Mario saat ditemui Kamis, (31/5) di Bukit Pagarsari. [jajangrkawentar]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar